Senin, 05 Oktober 2020

INGAT HAL INI SEBELUM MELAKUKAN YOGA

Assalamualaikum!!

Sudah 7 bulan berjalan  kegiatan sehari-hari dilakukan cukup #dirumahaja. Demi mendapatkan kesehatan yang lebih baik pun dilakukan dimulai, dari makan sehat, minum vitamin, sunbathing dan olahraga. Sebagian orang tak terbiasa dengan olahraga, namun beberapa bulan ini memaksa dirinya untuk terbiasa agar immunitas tetap terjaga demi mencegah diri dari penyakit. Dan saya termasuk dari "sebagian orang" tersebut.

Memulai kebiasaan baik menjadi sebuah kebiasaan itu tidaklah mudah, terlebih lagi berjanji dengan diri sendiri (terlalu banyak ingkarnya). Namun kebiasaan baik harus dipaksa, seperti memaksa diri untuk ikut kelas Simple Wokrkout at Home yang diadakan oleh Wardah X MomInfluencer Indonesia ini.

Workout at Home yang dilakukan bersama Lisa Namuri sebagai trainer adalah Yoga.
Sebagaimana dilansir dalam artikel alodokter, Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Praktik olah tubuh ini telah dilakukan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi . Yoga ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti:
  • Sarana relaksasi
  • Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  • Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
  • Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Menurunkan Berat Badan.
Namun sebelum mulai Yoga ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, yaitu:
1. Tempat Yang Nyaman
Sebelum memulai Yoga, pastikan telah berada di lokasi yang luas, nyaman dan rilex. Usahakan ruang gerak tidak ada penghalang. Mungkin kamu bisa menyingkirkan benda-benda yang akan mempengaruhi gerakan terlebih dahulu.

2. Gunakan Alas
Pastikan alas yang digunakan tetap stay, tidak mudah geser, seperti matras yoga. Jika tidak memiliki matras, bisa gunakan karpet, kasur tipis atau apapun yang bikin kamu tetap aman. Karena, pose Yoga itu membuat kamu bertahan dengan kekuatan tubuh dan kamu butuh alas untuk bisa bertahan. Saat workout ini saya tidak menggunakan alas sama sekali, sehingga ketika pose yang menahan tubuh, sungguh tidak nyaman karena disamping menahan tubuh yang tidak mungil sungguhlah berat ditambah lagi tempat tumpuan yang keras seperi lantai ubin dirumah saya.
                    Foto: www.google.com


3. Gunakan Pakaian Yang Nyaman
Pakaian saat Yoga sangat perlu diperhatikan, gunakan pakaian yang tidak akan menggangu gerakanmu, seperti bahan ringan, mudah menyerap keringat. Hindari pakaian yang membuatmu merapikan pakaian ketika kamu berada di pose yoga yang tak biasa. Jika kamu berhijab, bisa menggunakan turban ketimbang hijab syar'i (hijab yang menggantung) atau tidak menggunakan hijab sama sekali dan ikat rambutmu (tapi ini berlaku jika kamu didalam ruangan tanpa ada non mahram ya!!).

             Foto: https://wolipop.detik.com/

4. Sediakan Handuk
Jangan anggap remeh gerakan slow dan tidak makan banyak tempat ini, sungguh memmbuat keringat dikepala kamu menetes terus-terusan ke atas matras, dan pakaian yang menempel sudah tak sanggup mengeringkan keringat di kepala, tolong sediakan handuk demi kelangsungan yoga yang menyenangkan. Bebas mau pakai handuk tipe apa, microfiber atau tidak, yang kecil atau yang besar.

               Foto: www.alibaba.com


5. Sediakan Minum
Walaupun gerakan yoga terlihat santai dan tak banyak gerak seperti lari atau aerobic, namun percayalah gerakan yoga yang terlihat woles itu sungguh menghauskan. Usahakan minum air dengan suhu ruang, jangan air es ya, sebagaiman dijelaskan dalam website halodoc, bahwa tubuh akan lebih sulit menyerap air es selepas berolahraga. Akibatnya, air akan lebih cepat melewati lambung dan menuju usus halus agar penyerapannya lebih maksimal. Padahal, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengurangi risiko dehidrasi. Sulitnya tubuh menyerap air es justru membuat kamu semakin haus dan risiko terjadinya dehidrasi pun semakin meningkat.
          Foto: www.samudranesia.id

6. Makan Sebelum Yoga 
Ini terdengar klise namun sebelum memulai Yoga itu sangatlah penting, karena tubuh membutuhkan energi saat Yoga. Melakukan Yoga saat perut kosong dan akhirnya kekurangan energimaka pose by pose Yoga tidak akan maksimal kamu lakukan. Kamu bisa mngonsumsi makanan ringat seperti Buah, Sereal atau Yoghurt 1 jam atau 2 jam sebelum memulai Yoga.
           Foto: www.sahabatnestle.co.id

7. Memakai Sunscreen
Apa hubungan Yoga dengan Sunscreen? Hubungan mereka baik dan sangat bersahabat. Apabila kamu melakukan Yoga outdoor dan terpapar sinar matahari, maka wajib hukumnya untuk mengaplikasikan wajah kamu dengan sunscreen sebelum yoga. Namun, jika di dalam ruangan? Tetap hukumnya wajib untuk mengaplikasikan sunscreen, karena masih ada cahaya matahari yang masuk dalam rumah.

Memang intensitas sinar matahari yang terpapar di wajah kamu baik di dalam maupun di luar ruangan berbeda, perlu diketahui paparan sinar matahari bisa membuat kulit menggelap, kerutan dan noda hitam. 

Wardah mempunyai 2 varian produk sunscreen, dengan nama Wardah UV Shield series 0% alcohol dengan SPF 50 PA+++, yaitu:
1. Aqua Fresh Essence
Ini digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang minim cahaya matahari dan keringat. Walaupun saya tidak menggunakan varian ini, namun banyak komentar positive untuk produk ini. UV Shield Aqua Fresh Essence sebagaiman dijelaskan saat zoom Workoit at Home  mempunyai keunggulan seperti digambar di bawah ini.
           Foto: Screenshot materi saat zoom


             Foto: Koleksi Pribadi @asturo

2. Active Protection Serum
Varian ini yang saya gunakan karena cocok untuk yang aktif di luar ruangan dan kegiatan yang memicu keringat, karena mengandung formula Waterproff Active sehingga tidak mudah luntur terkena air ataupun keringat. Untuk kegiatan luar ruangan mungkin tidak banyak untuk 7 bulan terakhir, namun saya tipe orang yang mudah keringatan dan itu bercucuran, inilah alasan saya memilih varian ini walaupun hanya di rumah aja. 

Saya suka dengan teksturnya, saat diaplikasikan tidak terlalu membuat warna kulit wajah putih, dan mengkilap. Saya menjadi bagian dari yang membuktikan klaim waterproofnya itu benar adanya, keringat saya yang bercucuran membuat dia tetap stay on my face.
Dijelaskan dalam instagram wardah, sunscreen akan membuat lapisan untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, UV A, UV B dan blue light. Melindungungi dari paparan bluelight ini kadang terlupa oleh kita, bahwa sehari-sehari kita penuh dengan blue light seperti Handphone, TV atau laptop. Sunscreen wardah ini aman digunakan untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun. Produk ini sangat mudah didapatkan baik di official store wardah, dimarketplace, supermarket, minimarket atau toko kosmetik, untuk harga kisaran Rp 40.000,- hingga Rp 70.000,- cukup terjangkau bukan??


Zoomclass Workout at Home di mulai pukul 09.30 wib dengan kata pembuka dari Mba Tiandarinie selaku Founder @mominfluencer.id dan dilanjutkan oleh Mba Oktavia yang mewakili Wardah.

                     Foto:  Mba Oktavia

Kemudian masuk ke acara inti dari zoomclass, yaitu Workout at Home bersama Mba Lisa Namuri yang tampil canti dengan pakaian olahraha syar'inya. Saya benar salah fokus, untuk yoga identik dengan pakaian ketat, disini saya diberikan contoh dengan pemandangan lebih sesuai hati nurani.

                   Foto: Mba Lisa Namuri

Beliau mengenalkan 3 pose yoga yang terlihat mudah namun melelahkan. Beliau sangat interaktive dan teliti dalam mengajarkan. Beliau mengajarkan hingga kita benar-benar hafal semua pose yang diajarkan, dan mengoreksi pose peserta yang salah, dan saya ditegur oleh beliau hingga 3x (maafkan ini yoga perdana saya).

3 Pose Yoga yang diajarkan adalah:
1. Baby Pose
                Foto: www.verywellfit.com
Ini pose pertama menyenangkan dan paling favorit saya, karena sangat nyaman seperti sedang sujud dalam sholat.

2. Downward Dog Pose
           Foto: www.verywellfit.com

Ini posisi juga sangat nyaman berasa tulang belakang ketarik dan rileks.

3. Warrior Pose
                Foto: www.yogajournal.com

Posisi ini yang membuat saya tidak nyaman sebagai anak baru di dunia peryogaan, karena bertahannya tubuh di kaki yang tidak stabil (seperti digambar) membuat saya oleng untuk beberapa kali.

Jika dilihat dari gerakan yang telah saya jelaskan memang sangatlah mudah, namun sangat susah untuk diaplikasikan untuk tipe orang seperti saya yang tidak berolahraga, tubuh yang berat diangkat, dan tidak paham kapan harus inhale dan exhale walaupun telah disebutkan di awal oleh Mba Lisa, namun saya tetap tidak ingat (sungguh lemah), untuk gerakan yoga ini bisa kamu lihat di channel Youtube nya Mba Lisa Namuri, praktekkan ya!!.

Setelah workout ada kuis saat zoom yang menang mendapatkan hadiah dari wardah, kuis dengan mengadu kecepatan jempol untuk menjawab 2 pertanyaan yang dilemparkan sangatlah seru, dan tentunya dikuis ini saya bukanlah pemenangnya. Namun wardah tak berhenti disitu saja dalam memberikan hadiah, dilanjutkan dengan best post keseruan class pada hari itu di Instagram, dan yang ini tentu juga bukan saya pemenangnya karena saya tidak melakukan post karena menunda-nunda dan akhirnya lewat batas waktu. Tapi tak apa, saya telah mendapatkan hadiah seperangkat wardah renew you sebagai 50 peserta pendaftar pertama.

Seperangkat wardah renew you anti aging yang terdiri dari facial wash, cream siang dan cream malam ini seakan menjawab doa saya untuk memulai skincare anti tua club di kepala tiga ini. Review? Insyaallah akan direview namun bukan disini, tunggu setelah habis pemakaian, akan saya buat review tersendiri tentang ini. So be patient.

Zoomclass ditutup dengan senyuman dan lambaian tangan. Ga ada photo sesiion? Ada, tapi bukan di akhir, tapi di awal karena kami tau wajah kami (read: saya) akan sangat tidak layak dipandang setelah berkeringat.


Semoga bermanfaat tulisan ini untuk para pembaca nan budiman, tetap jaga kesehatan ingat 3M, dan tetaplah berolahraga.



Sumber:
1. https://www.alodokter.com/tidak-perlu-bertubuh-lentur-untuk-ikut-yoga
2. https://www.halodoc.com/artikel/5-akibat-minum-es-setelah-berolahraga
3. https://www.instagram.com/p/CDlmBXupHbA/?igshid=agmjszhyd0am
4. https://youtu.be/j-SFZWam01I

9 komentar:

Izza mengatakan...

Lengkap banget ummi rangkuman kegiatan kemarin, jadi kangen Yoga bareng. Seruuu !
Anyway, aku udah coba si wardah uv shield yg biru. Suka sih, bikin.muka lembab tapi sayang banget gak mudah nyerep, jadi mataku perih kelilipan sunscreen pas wudhu

Deris Afriani mengatakan...

Dari ketiga gerakan dasar yoga, mana nih yang paling enak? Kalau aku baby pose mbak. Namanya aja bikin nyaman ey. Berasa mau tidur 😅

Ratih Putri mengatakan...

Warrior pose bikin kakiku nyeri juga, ngiluu banget. Tapi kalau udah terbiasa nanti nyaman sendir

dudukpalingdepan mengatakan...

Emang seru banget ya mom event kita bersama wardah beberapa minggu lalu. Rasanya pengen lagi deh ada event kayak gitu.
Btw dari sebelum ada wardah uv shield saya pakai sunscreen wardah yang gel. Tapi ternyata tekstur yang yang uv shield lebih enak dipakai daripada yang gel ^^

Zeneth Thobarony mengatakan...

Meski rutin olahraga tapi aku edisi ga punya yoga mat,, cuma mengandalkan playmat anak hahaaaa

Mirza Pradita mengatakan...

Reviewnya lengkap bener mak, aku banget nih sebelum yoga. Asli abis yoga badan selalu entengan. Eh wardah uv shieldnya bagus, cocok buat pecinta yoga

Fitriyani Somantri mengatakan...

yoga meski gerakannya santai tapi bikin keringetan dan gerakan yang disuka baby pose enak buat ibu hamil

Annisa biru mengatakan...

Umiii makasih ya sharing2 spfnya. Aku lg galau kemarin abis konsul kedokter utk kulit jerawat berminyak ga cocok pake SPF 50 karena bisa memicu komedogenic. Bener ga ya umi?

Marantina mengatakan...

Jadi bisa ngerasain juga serunya acara ini walau ga ikutan. Hehee.. Pose yoga yang diajarin simple yah, itu pose favorit pas aku hamil :)))