Kamis, 19 Maret 2020

๐๐€๐๐”๐๐† ๐“๐€๐๐๐€ ๐Š๐„๐๐Ž๐๐Ž๐‹๐€๐

Assalammualaikum!!⁣⁣
⁣⁣
⁣Bing beng bang
Yok kita ke bank
Bang bing bung
Yok kita nabung
Tang ting tung hey
Tau tau kita nanti dapat untung

Hayoo ga usah auto nyanyi gtuu..((ketahuan umurnya๐Ÿ˜œ))⁣


Siapa nih yg doyan nabung tapi jg doyan "membobol"nya dg alasan "kepepet"??⁣
Umi ngacung tangan duluaan๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†⁣
Eitzz.. Alhamdulillah itu di jaman baheula yak, masih gadis kinyis2 yg banyak maunya dan ga punya tujuan idup๐Ÿ˜‚. ⁣
Insyallah berumah tangga membuat kita lebih waspada dg "uang", karena uang ini sensitifitasnya tinggi, karena alasan tertinggi perceraian di Indonesia masih dipegang karena perkara "uang".⁣
Du..du..du.. nauzubillahminzalik yes..⁣
Utk prihal menabung, umi selalu lakukan di awal, setelah kewajiban rumah terpenuhi.⁣
Dan gaya nabung umi masih memakai Gaya Tempo Doeloe, yaitu pake CELENGAN!!⁣
Ada tips nih nabung ala gue yg awet pake celengan tanpa pembobolan.⁣
1. CELENGANnya umi bikin sendiri (kaleng atau kotak bekas), adapun benar celengan, itu hadiah dari Goodie Bag pesta ulang tahun๐Ÿ™ˆ. Celengan hasil karya sndiri membuat tak bersemangat utk membobol, karena bikinnya rempong๐Ÿ˜‚.⁣
2. Pastikan Cash Flow Management kalian clear tiap bulan, jd bikin budgeting bulanan itu penting.⁣
3. Gunakan tabel Tau Diri .⁣
Namanya spending mapping, namun bagi umi ini tabel Tau Diri, karena dg tabel ini membuat kita sadar sebelum terjebak membeli barang2 yg unfaedah.⁣
4. No Tunda-Tunda.⁣
Masukin uang ke celengan stiap gajian datang, jangan ditunda2. ⁣
Karena ini celengan bukannauto debet yg sifatny memaksa, maka hanya diri kamu sendiri yg bisa memaksa untuk masukan uang ke celengan. Percayalah rayuan maut syetan sangat kuat dibagian ini.⁣

5. Banyak dan Labeli.⁣
Labeli stiap celengan biar jelas aja tujuan tujuan hidup si celengan. Jadi jangan gunakan satu celengan utk berbagai tujuan hidup, kan kasian si celengan kudu mmikul beban hidup yg banyak.⁣


Seperti di foto umi mmpunyai bbrapa cรจlengan:⁣
♡Faatih, ini gunanya utk keperluan Faatih kelak, dr pendidikan, keshatan hingga pernikahan. Stiap uang yg ditujukan utk Faatih umi masukin sini, misalny uang dr oma, opa, eyang atau siapapun yg ngasih. Umi ga akan gunakan uang itu utk faatih sekarang meskipun utk bli mainan buat dia. Umi ngrasa bli mainan saat ini itu krna umi yg mau, bukan atas keinginannya secara sadar.⁣
♡Lovely Masku⁣
Ini celengan persiapan utk skincare pak suamik, include kado buat doi kelak. ((Iyaa kado.. cz doi kadonya ga ckup dg coklat sekilo kek umik sih๐Ÿคฃ))⁣
♡Haji&Qurban⁣
Ini mah ibadah wajib bagi yg mampu, tapi apasalahnya kita memampukan diri utk bisa menunaikannya bukan?⁣
♡The Power Of 20K and Coins.⁣
Hal ini terinspirasi dr crta orang2 bsa mmbli mobil karena keisenganny ngumpulin 20K dan koin. MASYAALLAH TABARAKALLAH  bgt kan? ⁣
♡RUMAH⁣
Standarlah ya... karena stiap orang mau bli rumah, dan impiannya beli cash tanpa kredit alias riba๐Ÿ˜Š Insyaallah.⁣
Kalo kalian gmn nih guys cara nabungnya?? Share jg donk, mumpun Global Money Week 2020 nih..๐Ÿ˜Ž

#nabungalague #allianzpeduli #gmw2020 #financialeducation #financialliteracy

19 komentar:

Nova Sihite mengatakan...

Yaampun keren bgt ini pengaturan uangnya. Aku mau terapin ke anak2 ahh. Tq infonya mom

CacaDit mengatakan...

Eh ada ya global money week? Ooh kudet bgt aku tuh. Hm.. nabung ala aku ada yg nabungvke bank, celengan atau model isi ditiap dompet. Hehe dompet bulat buat recehan. Dompet gede dibagi tuk mendesak kperluan hari2. Baru dibagi sprti itu aj ❤

Ratih Kusuma Putri mengatakan...

Aku nyanyi nih, berarti kita seumuran yak?wkwkwk. Btw makasih mom, aku jadi punya ide buat menabung sekarang

Meka NitKawasari mengatakan...

Menginspirasi sekali Mak. Aku juga suka ni pake gaya jadul. Tapi ujung2nya dibongkar sama bocah buat mainan

Mirza Pradita mengatakan...

Inspiratif bener mamanya fatih. Akupun masih nabung pake celengan ala jadul, walaupun lama kumpulnya tp berasa banget manfaatnya

Dhestianaicetea mengatakan...

Ya allah aku kapan ya bisa nabung lagi. Harap tenang ini ujian

rizhaa mengatakan...

ide bagu snih langsung ke celengan ya. kalau aku masih dulu semet misahin tapi di amplop gitu , eh gampang bgt kepake nya huhuhuhu

Dena shikito mengatakan...

Masyaallah ... Kreatif banget sih umi .. Tersenggol aku belom konsisten menabung ...
Kalo bikin celengan gini buat ajarin anak2 nabung juga oke niih

Marantina mengatakan...

Wah aku jarang pegang cash. Untuk nabung dan investasi, aku sangat mengandalkan online, mom. Apalagi udah pake aplikasi fintech perbankan yang lengkap untuk tabungan, deposito dan valas hehee

be mengatakan...

koq sy jd malu sendiri karena ikutan auto nyanyi ya? hahahhaahaha...
thanks tipsnya mom.

sy msh belum punya tabungan beneran. paling cuma sebisa mungkin nyisihin kembalian uang belanja aja yg masuk ke tabungan :D

Julia.K mengatakan...

Hahaha Aku banget nih, nabung tapi sering Di jebol dewe. Oh jadi caranya buat beberapa POS yah. Ada yg bisa Di simpan pinjam Ada yg Gak bisa digerakin Sama sekali. Bhaiqlah Mari Kita lakukan

CacaDit mengatakan...

Info dan ilmu nabung nya oke banget. Mau aku terapkan ke anak2 ku.

Mirza Pradita mengatakan...

Ilmunya maaak fatih oke loh, aku kebetulan pake celengan jadul. Pake celengan jadul buatku lebih bikin semangat nabung aja sih. Walau masih belum konsisten tp harus dicoba terus

Danti ardhita mengatakan...

Thank you buat inspirasinya mom, bisa buat ngelatih anak rajin nabung juga ya

Izza mengatakan...

Makasiiih ya Umi, aku belajar banyak dari umi nih. Keep sharing ๐Ÿ˜˜

@rulachubby mengatakan...

Aku pernah nih nerapin the power of 20k. Mayan banget semper dapet banyak.. tp karena sekarang lebih sering cashless.. jd udh ga pernah ngumpulin si ijo lagi dehh

Rei . VioLette . mengatakan...

MaasyaAllah banyak banget jenis celengannya. Kalo aku punya cuma buat naro uang recehan aja mom, klo dh penuh bongkar. Hehee

Dhestianaicetea mengatakan...

Anak aku sekarang aku terapin nabung buat dia kepengen apapun itu

Marsya mengatakan...

Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^cc
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajopk.biz...^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856